Wednesday, November 7, 2012

Cara Mencegah Jerawat Batu


Jika anda sekarang memiliki jerawat, sebaiknya cegah jerawat tersebut untuk tidak semakin parah atau sampai membentuk jerawat batu. Jerawat batu sendiri merupakan benjolan yang diisi cairan di bawah permukaan kulit yang sering meradang dan menyakitkan. jika anda tidak segera mencegahnya bisa merusak jaringan kulit yang sehat dan yang pasti tidak sedap dipandang.

Berikut adalah 8 tips yang bisa anda ikuti untuk menghindari jerawat batu :

1. Menjaga kulit

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari jerawat batu adalah dengan menjaga kulit Anda benar-benar bersih. Pastikan Anda mencuci kulit di pagi hari dan di malam hari dengan lembut. Hindari menggosok jika Anda memiliki kulit sensitif. Juga hindari lotion dan krim berminyak karena mereka dapat cenderung menyumbat pori-pori.

2. Jauhkan rambut dari wajah

Untuk mencegah terjadinya jerawat batu pastikan bahwa Anda mencuci rambut setiap hari untuk tetap bersih dan tetap menarik. Rambut juga terkadang berminyak dan menyebabkan kotoran menempel dirambut untuk itu sebaiknya hindari rambut mengenai wajah anda.

3. Jangan Sentuh

Tangan dan kuku membawa segala macam bakteri, sehingga untuk menghindari jerawat batu, cobalah untuk menghindari menyentuh wajah Anda. Pastikan Anda menjaga tangan Anda bersih dan kuku pendek atau sering memotong kuku bila sudah panjang.

4. Memakai bantal yang bersih

Pastikan bahwa Anda menggunakan sarung bantal yang bersih setiap malam jika Anda rentan terhadap jerawat. Jika tidak, akan ada penumpukan bakteri pada bantal yang kemudian menempel ke wajah Anda.

5. Makan sehat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang mungkin memiliki kepekaan terhadap makanan tertentu yang dapat menyebabkan jerawat batu. Jika Anda rentan terhadap jerawat maka mulai sekarang atur pola makan anda. Cobalah untuk makan makanan sehat dan segar seperti sayuran, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan, daging sebaiknya organik.

6. Hindari Stress

Stres pada usia berapa pun dapat meningkatkan produksi androgen yang menstimulasi kelenjar minyak dan folikel rambut. Setiap orang menderita stres dan jumlah tertentu adalah baik untuk Anda. Namun, ketika stres menjadi terlalu banyak, tubuh Anda tidak dapat mengatasi dan mulai menyebabkan masalah. Cobalah untuk menemukan cara mengatasi stres berlebihan seperti pergi jalan jalan, berkebun, meditasi dan relaksasi.

7. Hati hati dengan bahan make up

Kebanyakan gadis-gadis remaja dan wanita suka memakai make up, tapi banyak dari bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat batu. cobalah untuk memakai kosmetik yang berbahan alami dan tidak menyumbat pori pori, hindari bermake up pada malam hari.

8. Ambil Suplemen

Karena jerawat disebabkan oleh lebih-aktif kelenjar minyak dan fluktuasi hormon, mungkin berguna untuk mengambil tablet multivitamin untuk memastikan bahwa Anda memperoleh semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menyeimbangkan kulit Anda dan hormon. Vitamin B5, misalnya, diperlukan untuk melawan minyak berlebih, sementara bantuan zink dalam penyembuhan jaringan dan mencegah jaringan parut dengan mengatur aktivitas kelenjar minyak.