Sunday, December 9, 2012

Cara Mencegah Timbul Jerawat


Jauh di bawah kulit adalah serangkaian kelenjar yang dikenal sebagai kelenjar sebaceous. Kelenjar ini menjadi aktif setelah seseorang mencapai pubertas dan mereka bertanggung jawab untuk melepaskan sejumlah dikendalikan minyak yang digunakan oleh tubuh untuk melindungi kulit. Sayangnya, karena kelenjar ini diatur oleh hormon yang sama yang terlalu aktif selama masa pubertas, menyebabkan peningkatan produksi minyak.

Minyak meninggalkan kelenjar dan membuat jalan mereka ke permukaan kulit melalui serangkaian saluran yang dikenal sebagai pori-pori. Kadang-kadang pori-pori tidak jalan ke permukaan dan tersumbat oleh kotoran lainnya. Ketika pori-pori yang tersumbat dan merambat ke permukaan terjadilah sebuah komedo. Jika pembukaan pori yang terlalu kecil untuk minyak yang terlalu banyak dan menyumbat kemungkinan besar akan mengembangkan jerawat. jika pori-pori tidak mencapai permukaan dan sebagai hasilnya kista atau nodul akan berkembang.

Kista seperti jerawat tanpa kepala. Mereka berada tepat di bawah permukaan kulit dan akhirnya akan muncul sama seperti jerawat biasa. Namun, tidak menyakitkan. Nodul di sisi lain berkembang jauh di bawah permukaan kulit dan menyakitkan tergantung pada di mana mereka membentuk.

Penyumbatan adalah nomor satu penyebab jerawat dan dalam banyak kasus hal itu terjadi terlalu mudah. Jika Anda tidur dan pori-pori terbuka sarung bantal yang kotor akan menyebabkan jerawat akibat dari kotoran bercampur dengan minyak, Hal yang sama dapat terjadi pada seprai Anda atau bahkan setiap pakaian yang Anda kenakan untuk tidur. jadi, agar terhindar dari yang namanya jerawat sebaiknya ganti sarung bantal, sprei dan pakaian untuk tidur secara rutin.

Sayangnya, ini hanya membantu untuk mencegah jenis jerawat yang dihasilkan dari pori-pori tersumbat. Anda masih harus berurusan dengan nodul dan kista dan untuk itu Anda perlu mengatur pola makan yang lebih baik. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membantu memperlambat dan mengurangi jumlah minyak, tubuh Anda memproduksi setiap hari akan membantu untuk mencegah pembentukan jerawat.

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang tinggi kandungan lemak, makanan gorengan karena jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak terlalu banyak akan mengakibatkan peningkatan produksi minyak dalam tubuh.

Stres dapat menyebabkan produksi hormon yang mengendalikan kelenjar sebaceous dan jika Anda membiarkan diri Anda terlalu stres, maka kemungkinan bahwa Anda juga dapat mengembangkan jerawat sebagai hasilnya.

Perlu di ingat bahwa pencegahan adalah kunci untuk membuat hidup Anda bebas dari jerawat. Semakin banyak yang Anda lakukan untuk mencegah terjadinya jerawat, semakin mudah untuk memerangi jerawat timbul. Selalu ingat untuk tetap menjaga kebersihan, mencuci tangan secara teratur dan kapanpun Anda berkeringat berlebihan segera bersihkan dan sering ganti pakaian.